Sabtu, 23 Februari 2019

ALAT MUSIK PIANO

Piano adalah salah satu jenis alat musik yang populer di dunia. alat musik piano juga dapat dikategorikan sebagai alat musik tertua dan juga memiliki harga yang cukup mahal. Mungkin memang benar, alat musik piano jarang kita temui kecuali di tempat-tempat tertentu, itu karena dilihat dari harga piano yang cukup mahal. Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui perkembangan dan sejarah alat musik piano.

SEJARAH PIANO

Sejarah alat musik piano kita awali dari asal kata piano. Kata piano berasal dari bahasa Italia, yaitu Pianoforte. Dalam sejarah alat musik piano memang ada perdebatan mengenai siapa penemu alat musik piano pertama kali, yang awalnya dijuluki Gravecembalo Col Piano E Forte. Namun, banyak orang menganggap Bartolomeo Cristofori sebagai pembuat alat musik piano yang pertama. Di tahun 1720-an ia membuat alat musik piano, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengarkan di abad 20-an, karena tegangan tuts saat itu tidak sekuat piano yang sekarang. Dan saat ini alat musik piano pertama tersebut di pajang di Metropolitan Musum of Art di New York, Amerika Serikat.

Dalam sejarah alat musik piano dapat dibilang alat musik piano merupakan perkembangan dari alat musik kecapi, kesamaan dari dua alat musik ini adalah sama-sama menggunakan senar. Cara kerja kecapi adalah dengan cara dipetik. Kemudian setelah itu muncul alat musik Monochord lalu muncul juga Gambus. Selain gambus, ada juga Dulcimer, bentuknya sangat mirip dengan gambus, namun cara memainkannya berbeda. Dulcimer dimainkan dengan cara di pukul senarnya, sehingga dapat dikatakan asal muasal piano berasal dari Dulcimer.

Sejarah alat musik piano berlanjut ke pertengahan abad ke-17, saat itu alat musik piano dibuat dalam beberapa bentuk. Pada awalnya, desain piano mirip dengan Harpsichord, dengan dawai yang menjulang. Alat musik piano pun menjadi lebih rendah setelah dimodifikasi oleh John Isaac Hawkins. Kemudian, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, para pembuat piano di Jerman membuat piano persegi. Sampai tahun 1860 piano persegi pun mendominasi penggunaan piano di rumah. Dalam sejarah alat musik piano, piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senarnya. Di abad ke-19 gedung-gedung konser berukuran besar mulai dibangun, dan suara piano tadipun kurang memadai. Dan kemudian dibuat piano dengan rangka besi. Di tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan seluruh rangka terbuat dari logam. Piano inovasinya ini mampu menahan tegangan senar sangat kuat. Dan sekitar tahun 1820, banyak pembuat piano yang menggunakan potongan logam untuk membuat piano. Di tahun 1822, Erard bersaudara mematenkan Double Escapement Action, yang merupakan temuan tersohor dari semua temuan yang berkaitan dengan cara kerja piano.

sumber:https://klinikmusik.wordpress.com/2015/02/04/mengenal-alat-musik-pianogrand-piano/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar